Tampang

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD): Pengertian, Gejala, dan Pengobatan

22 Jun 2024 18:30 wib. 231
0 0
Asam Lambung
Sumber foto: Google

Penyebab dan Faktor Risiko

Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami GERD, seperti kelebihan berat badan, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, makanan pedas, serta makanan dan minuman yang mengandung kafein. Selain itu, kehamilan, hernia diafragma, dan kebiasaan mengenakan pakaian yang terlalu ketat juga dapat memicu terjadinya GERD.

Pengobatan

Pengobatan untuk GERD dapat dilakukan melalui perubahan gaya hidup, penggunaan obat-obatan, atau tindakan medis jika diperlukan. Beberapa perubahan gaya hidup yang dapat membantu mengurangi gejala GERD antara lain adalah menghindari makanan atau minuman yang memicu asam lambung, seperti makanan pedas, berlemak, atau bersoda, serta mengurangi porsi makan. Selain itu, menghindari makan sebelum tidur, menghindari merokok dan konsumsi alkohol, serta mengangkat kepala tempat tidur juga dapat membantu mengurangi gejala GERD.

Obat-obatan seperti antasida, obat penurun asam, atau obat prokinetik bisa digunakan untuk mengurangi gejala GERD. Pengobatan jangka panjang dengan inhibitor pompa proton (PPI) juga dapat membantu mengurangi produksi asam lambung. Jika pengobatan dengan obat-obatan belum cukup efektif, pembedahan untuk memperbaiki sfingter esofagus bawah juga bisa dipertimbangkan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Waspada Gunung Agung Meletus
0 Suka, 0 Komentar, 11 Okt 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.