Tampang

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD): Pengertian, Gejala, dan Pengobatan

22 Jun 2024 18:30 wib. 228
0 0
Asam Lambung
Sumber foto: Google

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan masalah pencernaan yang umum terjadi di masyarakat. Penyakit ini terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan, menyebabkan rasa tidak nyaman dan gejala lain yang mengganggu. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai pengertian, gejala, dan pengobatan untuk mengatasi GERD.

Pengertian GERD

GERD adalah suatu kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan iritasi dan kerusakan. Normalnya, katup antara kerongkongan dan lambung, yang disebut sfingter esofagus bawah, akan membuka dan menutup untuk mengontrol aliran makanan dan cairan ke dalam lambung. Pada penderita GERD, sfingter tersebut bisa menjadi lemah atau rileks secara tidak wajar, sehingga memudahkan asam lambung naik ke atas.

Gejala GERD

Gejala umum yang dialami oleh penderita GERD antara lain adalah sensasi terbakar di dada yang sering disebut sebagai heartburn, nyeri dada, atau regurgitasi makanan atau cairan. Selain itu, penderita juga dapat merasakan mulas, sulit menelan, batuk yang persisten, dan suara serak. Gejala-gejala ini biasanya lebih parah setelah makan atau saat berbaring.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.