Tampang

fakta unik 6 planet sejajar , datang lagi di bulan juni 2024

4 Jun 2024 10:35 wib. 54
0 0
fakta unik 6 planet sejajar , datang lagi di bulan juni 2024
Sumber foto: Pinterest

Bumi kembali disuguhi fenomena astronomi cukup langka. Enam planet terlihat berbaris di langit malam pada awal Juni, tepatnya tanggal 3 dan 4 Juni 2024. Simak beberapa fakta menarik tentang fenomena ini.
1. Enam Planet yang Sejajar
Pada 3 dan 4 Juni 2024, sebelum Matahari terbit, Merkurius, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus akan terlihat dalam satu barisan lurus. Fenomena astronomi ini dikenal dengan nama parade planet.
Satu-satunya planet yang tidak terlihat adalah Venus. Bahkan Bulan sabit yang mulai memudar akan lebih terlihat menghiasi langit malam.

2. Terjadi karena Planet Mengorbit Matahari
Fenomena planet berbaris terjadi karena planet-planet di Tata Surya mengorbit Matahari di bidang datar yang disebut ekliptika. Ada yang sedikit di atas atau di bawah bidang ini, tapi secara kasar posisinya sama.

Saat bergerak mengelilingi Matahari, planet-planet ini kadang berada di sisi yang sama dengan bintang tersebut sehingga kita dapat melihatnya di langit secara bersamaan. Planet-planet itu terlihat berbaris secara lurus karena berada di ekliptika.
 

3. Planet yang Terlihat Mata Telanjang
Merkurius, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan terlihat cukup terang sehingga bisa diamati dengan mata telanjang. Tapi posisi Uranus dan Neptunus terlalu jauh sehingga hanya terlihat samar-samar. Jika ingin mengamatinya lebih jelas, disarankan menggunakan binokular atau teleskop.

4. Dampak dari Parade Planet
Fenomena enam planet berjajar kerap dijadikan bahan hoax bahwa akan terjadi suatu peristiwa yang mengganggu keseimbangan alam semesta. Disebutkan Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, tidak memberikan dampak apapun terhadap Bumi.

Jika diamati dengan mata biasa, planet hanya terlihat sebagai titik cahaya seperti bintang, namun dengan teleskop bisa melihat cincin Saturnus.

5. Planet Sejajar Berikutnya
Dikutip dari Science Alert, fenomena planet berbaris akan muncul lagi dalam beberapa bulan ke depan. Jadi ada beberapa kesempatan untuk mengamati fenomena langka ini.

Meski begitu kita tak perlu khawatir jika melewatkan fenomena Parade Planet kali ini. Fenomena unik tersebut akan muncul lagi dalam beberapa bulan nanti.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%