Tampang

Emansipasi Wanita: Pengertian, Tujuan, dan Contoh Pahlawannya di Indonesia

22 Apr 2024 07:06 wib. 62
0 0
Emansipasi Wanita: Pengertian, Tujuan, dan Contoh Pahlawannya di Indonesia
Sumber foto: google

Emansipasi wanita merupakan pandangan yang bertujuan untuk memastikan agar wanita memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Konsep ini kemudian membentuk konsep "Kesetaraan Gender". Hal ini membawa perubahan dalam peran wanita, sehingga mereka dapat mengejar pendidikan tinggi dan bekerja di luar rumah, tanpa kehilangan kewajibannya sebagai seorang istri.

Perjuangan emansipasi wanita di Indonesia dipimpin oleh sejumlah pahlawan wanita yang berjuang agar hak-hak perempuan diakui tanpa dibedakan dengan laki-laki di berbagai bidang.

### Pengertian Emansipasi Wanita
Emansipasi wanita dijelaskan sebagai gerakan kolektif yang bertujuan untuk menegaskan, membangun, dan mempertahankan hak-hak politik, ekonomi, dan sosial yang setara bagi perempuan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), emansipasi wanita juga didefinisikan sebagai pembebasan dari perbudakan serta kesetaraan hak dalam berbagai aspek kehidupan sosial.

Proses emansipasi wanita dapat dipandang sebagai upaya para wanita untuk membebaskan diri dari penindasan sosial dan ekonomi serta pembatasan hukum demi kemajuan dan pengembangan diri.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Cermat Dalam Memilih Pasangan
0 Suka, 0 Komentar, 11 Jun 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?