Tampang

Emansipasi Wanita: Pengertian, Tujuan, dan Contoh Pahlawannya di Indonesia

22 Apr 2024 07:06 wib. 88
0 0
Emansipasi Wanita: Pengertian, Tujuan, dan Contoh Pahlawannya di Indonesia
Sumber foto: google

### Tujuan Emansipasi Wanita
Menurut Dr. Entoh Tohani, M.Pd dalam bukunya "Hubungan Dialektis Pendidikan dan Pembangunan" (2020:102), tujuan utama dari emansipasi wanita adalah untuk membangun kemampuan hidup mandiri dalam struktur sosial. Melalui emansipasi, perempuan diharapkan bisa mandiri dalam mengatasi berbagai permasalahan hidup dan meningkatkan kualitas hidupnya tanpa tergantung pada laki-laki.

Semangat kemandirian perempuan diwujudkan dalam berbagai aspek kehidupan, dalam hal ini perempuan diharapkan tidak hanya melakukan kegiatan yang produktif, tetapi juga dapat menghasilkan pendapatan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, tanpa harus selalu menggantungkan diri pada suami.

### Contoh Pahlawan Emansipasi Wanita
Di Indonesia, gerakan emansipasi wanita dimulai oleh tokoh-tokoh seperti R.A Kartini, Dewi Sartika, dan Rohana Kudus, yang berperan besar dalam mendirikan sekolah untuk pendidikan perempuan. Mereka tidak hanya mengajarkan nilai-nilai kehidupan, sastra, dan politik, tetapi juga memberikan pendidikan keterampilan praktis seperti menjahit, memasak, menyulam, dan merenda.

Berkat kontribusi mereka, posisi dan peran wanita di masyarakat semakin diakui. R.A Kartini, sebagai ikon emansipasi wanita di Indonesia, diabadikan dalam peringatan Hari Kartini sebagai hari besar nasional.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Masjid Umat Islam
0 Suka, 0 Komentar, 22 Mar 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?