Tampang

Daftar Gunung Api dengan Waktu Erupsi Terlama di Dunia, Ada RI

1 Jul 2024 21:18 wib. 53
0 0
Daftar Gunung Api dengan Waktu Erupsi Terlama di Dunia, Ada RI
Sumber foto: iStock

Sebagai informasi, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat bahwa erupsi adalah peristiwa keluarnya magma dari gunung api menuju permukaan bumi yang bisa terjadi secara efusif maupun eksplosif. Erupsi efusif adalah lava yang keluar secara perlahan dan mengalir tanpa diikuti ledakan, sementara erupsi eksplosif adalah magma yang keluar dari gunung api dalam bentuk ledakan dan menghasilkan endapan piroklastik.

Indonesia, sebagai salah satu negara paling rawan terhadap bencana alam, terutama bencana vulkanik, memiliki sejumlah gunung api aktif. Namun, bukan hanya Indonesia yang memiliki gunung api aktif, negara lain juga memiliki gunung api berpotensi berbahaya.

Berdasarkan data dari Smithsonian Institute dan indonesiabaik.id, terdapat daftar gunung api di dunia yang memiliki waktu erupsi terlama. Daftar ini menunjukkan fakta bahwa fenomena erupsi gunung api tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga di berbagai negara lain. Daftar gunung api dengan waktu erupsi terlama ini membuktikan bahwa kegiatan vulkanik adalah fenomena alam yang tidak hanya menjadi sorotan di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia.

Seiring dengan pertumbuhan teknologi dan komunikasi, pemantauan aktivitas vulkanik pun semakin berkembang. Data-data seismologis, geofisika, dan survei lapangan dapat memberikan informasi penting untuk memahami pola aktivitas gunung api dan memperkirakan kemungkinan terjadinya erupsi. Dengan demikian, upaya mitigasi dan penanganan bencana vulkanik dapat diambil lebih awal, sehingga dapat mencegah terjadinya korban jiwa dan kerugian material yang besar akibat erupsi gunung api.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tradisi Ilmiah Islam
0 Suka, 0 Komentar, 18 Mei 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%