Tampang

Hewan-Hewan Hampir Punah di Indonesia: Ancaman Terbesar bagi Keanekaragaman Hayati

15 Apr 2024 06:51 wib. 44
0 0
Harimau

Indonesia adalah rumah bagi berbagai jenis hewan yang unik dan menakjubkan. Namun, sayangnya beberapa dari hewan-hewan tersebut kini hampir punah akibat berbagai ancaman yang mengancam keberlangsungan hidup mereka. Ancaman ini meliputi hilangnya habitat alami, perburuan liar, perdagangan ilegal, serta perubahan iklim. Berikut ini adalah beberapa contoh hewan-hewan yang hampir punah di Indonesia:

1. Orangutan Sumatera
Orangutan Sumatera adalah salah satu primata terbesar di dunia dan hanya ditemukan di pulau Sumatera, Indonesia. Populasi orangutan Sumatera terus menurun akibat perburuan ilegal, kerusakan habitat akibat deforestasi, serta perdagangan ilegal. Kini, orangutan Sumatera masuk dalam daftar hewan-hewan yang hampir punah di Indonesia.

2. Harimau Sumatera
Harimau Sumatera, juga dikenal sebagai harimau seberang atau Panthera tigris sumatrae, merupakan salah satu subspesies harimau yang hampir punah. Habitat mereka yang terus menyusut dan konflik dengan manusia membuat populasi harimau Sumatera semakin terancam.

3. Badak Jawa
Badak Jawa, atau Rhinoceros sondaicus, merupakan satu-satunya badak yang ditemukan di Asia Tenggara. Hanya tinggal sekitar 60 ekor di alam liar, badak Jawa terus diincar oleh pemburu ilegal karena bagian tubuh mereka yang dianggap memiliki kekuatan magis.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?