Tampang

Carlos P. Romulo: Peran Pentingnya dalam Pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa Di Filipina

27 Mei 2024 14:31 wib. 156
0 0
Carlos P. Romulo
Sumber foto: Facebook

Carlos P. Romulo merupakan salah satu tokoh terkemuka dari Filipina yang memiliki kontribusi besar dalam pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pada tahun 1949, ia menjadi orang Asia dan Asia Tenggara pertama yang menjabat sebagai Presiden Sidang Umum PBB. Namun, peran Romulo dalam hubungan antara pemerintah Filipina dan PBB dimulai jauh sebelumnya.

Pada tahun 1945, Filipina bersama dengan 49 negara lainnya, menandatangani Piagam PBB di San Francisco, Amerika Serikat. Tanda tangan ini menandai dimulainya sistem PBB di Filipina. Kontribusi utama Carlos P. Romulo dalam pembentukan PBB adalah ketika ia bertindak sebagai delegasi Filipina dalam Konferensi Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Setelah itu, Romulo menjadi duta besar Filipina untuk PBB dari tahun 1946 hingga 1954. Selama bertugas sebagai duta besar, Romulo berperan besar dalam memperjuangkan kepentingan Filipina di kancah internasional. Namanya menjadi begitu terkenal karena pada tahun 1949, ia berhasil menjadi Presiden Sidang Umum PBB yang keempat.

Karier Romulo tidak hanya berkisar pada dunia politik, tetapi juga mencakup bidang pendidikan, militer, jurnalisme, dan diplomasi. Ia pernah menjabat sebagai seorang pendidik, prajurit, presiden universitas, jurnalis, dan diplomat selama 50 tahun. Fakta yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang adalah bahwa Romulo juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Filipina untuk Washington, D.C., dan kemudian menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Filipina.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%