Tampang

Apendiks: Pengertian, Fungsi, dan Penyakit yang Berkaitan

22 Jun 2024 18:34 wib. 129
0 0
Pengertian Apendiks
Sumber foto: Google

Apendiks atau yang sering disebut juga sebagai usus buntu, adalah organ kecil yang terletak di ujung kanan usus besar. Organ ini biasanya memiliki panjang sekitar 5-10 cm dan berbentuk seperti jari tangan. Meskipun keberadaannya mungkin terkesan tidak terlalu penting, apendiks sebenarnya memiliki peran yang cukup vital dalam sistem pencernaan manusia.

Pada manusia modern, peran apendiks masih menjadi perdebatan di antara para ilmuwan. Namun, dalam teori evolusi, apendiks dipercaya sebagai sisa dari organ yang dulu digunakan untuk mencerna makanan berat seperti rumput. Namun, pada manusia modern, apendiks cenderung menjadi organ yang tidak terlalu penting dan bahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan jika terjadi peradangan atau infeksi.

Apendiks memiliki dua jenis jaringan yang berbeda. Pertama, jaringan limfoid yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Kedua, jaringan kelenjar yang menghasilkan lendir. Perpaduan dari dua jenis jaringan inilah yang membuat apendiks berpotensi menjadi sumber peradangan dan infeksi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Manfaat Melakukan Donor Darah
0 Suka, 0 Komentar, 25 Mei 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.