Tampang

Penyebab Punahnya Terumbu Karang

21 Apr 2024 09:32 wib. 49
0 0
Penyebab Punahnya Terumbu Karang

Terumbu karang merupakan salah satu ekosistem yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan di bawah air. Namun, sayangnya terumbu karang saat ini menghadapi ancaman yang serius, dan banyak di antaranya telah terancam punah. Ada beberapa faktor utama yang menyebabkan terumbu karang menjadi terancam punah. Berikut adalah penyebab-penyebab utama yang perlu kita ketahui:

1. Pencemaran:
   Salah satu penyebab utama punahnya terumbu karang adalah pencemaran. Pencemaran yang disebabkan oleh limbah industri, pertanian, dan domestik dapat menyebabkan penurunan kualitas air di sekitar terumbu karang. Dampak dari pencemaran ini dapat menyebabkan terumbu karang mengalami stress dan akhirnya mati.

2. Perubahan Iklim:
   Perubahan iklim juga menjadi ancaman serius bagi terumbu karang. Peningkatan suhu air laut akibat perubahan iklim global menyebabkan terumbu karang menderita bleaching atau pucatnya warna akibat kematian alga simbiotik yang hidup di dalam jaringan karang.

3. Pertambangan dan Pemanfaatan Lahan:
   Kegiatan pertambangan dan pemanfaatan lahan di sekitar wilayah pantai seringkali menyebabkan erosi tanah dan peningkatan sedimentasi di perairan. Hal ini mengakibatkan terumbu karang tertutup oleh endapan sedimen yang menghambat proses fotosintesis bagi alga simbiotiknya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ahok Gugat Cerai Veronica, Hoax?
0 Suka, 0 Komentar, 8 Jan 2018
SEJARAH & MAKNA PASKAH BAGI KRISTEN
0 Suka, 0 Komentar, 26 Mar 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?