Tampang

Adenoma: Pengertian dan Penjelasan

22 Jun 2024 18:41 wib. 189
0 0
Pengertian Adenoma
Sumber foto: Google

Adenoma adalah tumor jinak yang tumbuh dari kelenjar epitel yang berada di dalam tubuh. Tumor ini dapat muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, usus besar, dan kelenjar hipofisis. Adenoma seringkali tidak menyebabkan gejala, namun terkadang dapat menimbulkan masalah jika ukurannya menjadi terlalu besar atau menyebabkan tekanan pada organ di sekitarnya. 

Apa Itu Adenoma?
Adenoma dapat didefinisikan sebagai tumor jinak yang tumbuh dari kelenjar dan mirip dengan kelenjar asalnya. Tumor ini terdiri dari sel-sel kelenjar yang terletak di dalam kapsul, namun dapat juga berada di luar kapsul jika ukurannya semakin besar. Adenoma dapat ditemukan di berbagai organ tubuh, dan istilah ini biasanya disematkan sesuai dengan organ tempat tumor tersebut tumbuh.

Adenoma Tiroid
Salah satu jenis adenoma yang umum adalah adenoma tiroid. Adenoma tiroid adalah tumor jinak yang tumbuh di kelenjar tiroid. Tumor ini seringkali tidak menimbulkan gejala, namun terkadang dapat menyebabkan pembengkakan di leher atau tekanan pada organ disekitarnya jika ukurannya terlalu besar.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Baalawi
0 Suka, 0 Komentar, 6 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.