Tampang

10 Cara Membesarkan Anak Terbukti Ilmiah Bisa Bikin Pintar

7 Okt 2024 05:19 wib. 69
0 0
10 Cara Membesarkan Anak Terbukti Ilmiah Bisa Bikin Pintar
Sumber foto: iStock

4. Disiplin Diri Lebih Penting dari IQ

Disiplin diri memiliki peran penting dalam prediksi kesuksesan seseorang. Banyak penelitian menunjukkan bahwa ketekunan adalah faktor paling penting dalam kesuksesan individu. Siswa yang menunjukkan tingkat ketekunan yang tinggi cenderung memiliki nilai lebih tinggi di kelas. Disiplin diri ternyata lebih menentukan prestasi akademik daripada IQ.

5. Belajar sebagai Proses Aktif

Belajar merupakan proses yang aktif. Kemampuan untuk menerapkan apa yang dipelajari dapat memperkuat pemahaman. Otak kita berevolusi untuk belajar melalui tindakan, bukan hanya mendengarkan. Oleh karena itu, bagi anak yang ingin belajar sesuatu, lebih baik melakukan praktik melalui metode pembelajaran berbasis tindakan.

6. Pola Makan Sehat untuk Kemampuan Otak yang Optimal

Pola makan memiliki pengaruh pada kinerja kognitif anak. Makanan tinggi karbohidrat, serat tinggi, dan lambat dicerna seperti oatmeal adalah yang terbaik. Sebuah penelitian menguji kemampuan dan kecepatan berpikir 16 mahasiswa sebelum dan setelah diberi makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat selama lima hari. Hasilnya menunjukkan adanya penurunan kinerja otak setelah mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

7. Anak Bahagia Lebih Berpotensi Sukses

Anak yang bahagia cenderung tumbuh menjadi individu yang sukses dan berprestasi. Orang yang bahagia memiliki kinerja lebih baik, memiliki pekerjaan yang lebih bergengsi, serta mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menciptakan lingkungan yang bahagia bagi anak-anak mereka.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

5 Game Seru Android Offline
0 Suka, 0 Komentar, 23 Apr 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.