Tampang

Mengukur Kinerja Kawasaki Ninja E-1: Apakah Lebih Lambat Dibanding Motor 150 cc?

29 Mei 2024 18:50 wib. 70
0 0
Kawasaki Ninja E-1

Kawasaki memiliki sejarah panjang dalam merancang motor sport yang handal dan bertenaga. Namun, dengan perkembangan teknologi listrik di industri otomotif, perusahaan juga ikut meluncurkan motor listrik yang menarik perhatian. Salah satunya adalah Kawasaki Ninja E-1. Sebuah pertanyaan muncul, apakah performa motor listrik ini mampu bersaing dengan motor bermesin konvensional, seperti motor sport 150 cc?

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) telah melakukan sesi uji coba terhadap dua motor listriknya, Ninja E-1 dan Z E-1. Kedua motor ini didukung oleh dinamo motor tipe interior permanent magnet synchronous motor yang dilengkapi dengan pendingin udara, serta tenaga yang disalurkan ke roda belakang menggunakan sistem rantai. Meskipun demikian, performa Ninja E-1 tidak sepenuhnya memuaskan jika dibandingkan dengan motor sport 150 cc konvensional.

Dinamo motor Ninja E-1 dan Z E-1 diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 5 kW, dengan puncak tenaga mencapai 9 kW atau setara dengan 12 dk pada putaran 2.600-4.000 rpm. Meskipun angka ini tergolong kecil untuk sebuah motor sport, torsi yang dihasilkan cukup besar dengan mencapai 40,5 Nm pada rentang putaran awal, khas motor listrik.

Akselerasi motor elektrik seperti Ninja E-1 dipengaruhi oleh Riding Mode yang digunakan, yakni Eco dan Road dengan tambahan fitur e-boost. Mode Eco menawarkan tarikan yang cukup pelan, sesuai dengan tujuannya untuk menghemat daya listrik baterai. Namun, jarak tempuh menggunakan Riding Mode Eco bisa mencapai 72 km, sangat menguntungkan untuk penggunaan urban yang cukup padat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%