Tampang

Ahli ITB Ingatkan Dampak Negatif Mencampur Pertamax dengan Pertalite Seperti Mencuci Tanpa Sabun

20 Mei 2024 09:04 wib. 74
0 0
Pertamina

Oleh karena itu, perlu ada pemahaman yang lebih baik terkait dengan penggunaan bahan bakar. Mencampur dua jenis bahan bakar dengan oktan yang berbeda tidak hanya berisiko menimbulkan masalah pada mesin, tetapi juga dapat menyebabkan efek negatif pada performa kendaraan dan keamanan berkendara. Tri Yuswidjajanto Zaenuri menegaskan bahwa hal ini sering kali menjadi salah kaprah yang dilakukan oleh para pengguna kendaraan. 

Dalam konteks ini, pemahaman yang lebih mendalam terkait dengan karakteristik masing-masing jenis bahan bakar dan pemilihan bahan bakar yang tepat sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan menjadi sangat penting. Selain itu, kesadaran akan risiko dan dampak negatif dari mencampur bahan bakar juga harus ditingkatkan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mesin kendaraan.

Hal ini juga menjadi penting dalam upaya untuk menjaga kinerja mesin kendaraan, mengurangi biaya perawatan yang tidak terduga, serta meminimalkan risiko kecelakaan akibat kegagalan mesin. Oleh karena itu, edukasi dan sosialisasi terkait pemilihan bahan bakar yang tepat perlu ditingkatkan agar para pengguna kendaraan dapat membuat keputusan yang lebih bijak dalam memilih bahan bakar untuk mesin kendaraan mereka.

Dengan demikian, pemahaman yang lebih baik terkait dengan dampak negatif dari mencampur bahan bakar seperti Pertamax dan Pertalite adalah hal yang sangat penting. Upaya untuk meningkatkan edukasi dan pemahaman mengenai spesifikasi bahan bakar, karakteristik mesin kendaraan, serta dampak dari penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dapat membantu mengurangi risiko kerusakan pada mesin kendaraan dan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Terlebih lagi, pemilik kendaraan perlu menyadari bahwa penggunaan bahan bakar yang tepat dapat membantu menjaga performa mesin serta meminimalkan risiko kecelakaan akibat kegagalan mesin.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%