Tampang

Soekarno: Sang Proklamator dan Arsitek Ideologi Pancasila

10 Jul 2024 18:26 wib. 59
0 0
Ir Soekarno
Sumber foto: fahum.umsu.ac.id

Ir Soekarno, atau yang akrab dipanggil Bung Karno, merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia. Beliau dikenal sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia dan juga sebagai arsitek dari ideologi Pancasila. Sebagai seorang pemimpin yang karismatik, Soekarno telah memberikan kontribusi yang besar dalam membentuk landasan ideologi negara Indonesia yang beragam ini.

Ir Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya. Beliau merupakan anak dari seorang guru sekolah dasar yang berasal dari Jawa, dengan ibu yang berasal dari Madura. Pendidikan Soekarno diawali di HBS (Sekolah Menengah Atas) di Surabaya dan dilanjutkan ke Nederlandsch-Indische Technische Hogeschool di Bandung (sekarang ITB), di mana ia belajar teknik sipil. Namun, minatnya terhadap politik terus tumbuh hingga akhirnya membawanya terlibat dalam pergerakan nasional.

Pada tahun 1927, Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) yang menjadi platform politik utama bagi visi dan misinya untuk kemerdekaan Indonesia. Beliau menjadi salah satu pemimpin di balik upaya untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, dan pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir Soekarno bersama dengan Mohammad Hatta, menyatakan kemerdekaan Indonesia. Dengan pernyataan proklamasi tersebut, Bung Karno menjadi proklamator kemerdekaan Indonesia yang sangat dihormati.

Namun, kontribusi besar Soekarno dalam sejarah Indonesia tidak hanya selesai sampai di situ. Beliau juga dikenal sebagai arsitek dari ideologi Pancasila, dasar negara Indonesia. Soekarno memandang bahwa Pancasila adalah pondasi yang sempurna untuk sebuah negara multi-etnis dan multi-agama seperti Indonesia. Dalam visinya, Pancasila bukan hanya sekedar ideologi, tetapi juga merupakan filosofi kehidupan yang melandasi semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?