Tampang

Sandiaga Rilis Proyeksi Industri Film Menyumbang 8% Pendapatan Ekraf

1 Apr 2024 14:28 wib. 438
0 0
MENPAREKRAF, SANDIAGA S. UNO.
Sumber foto: KEMENPAREKRAF

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (MenparEkraf), Sandiaga Salahuddin Uno, merilis proyeksi terkait nilai ekonomi dari subsektor ekraf film yang diperkirakan bisa mencapai 8 persen dari pendapatan ekraf tahun 2023. Pendapatan ekonomi kreatif pada tahun tersebut diperkirakan mencapai Rp1.414 triliun.

Menurut Sandiaga, industri perfilman Indonesia telah mengalami perkembangan yang signifikan dan mampu bersaing dengan negara-negara lain. Hal ini memberikan peluang besar bagi industri film untuk menjadi salah satu sumber pendapatan negara yang penting. Dia juga menyatakan harapannya bahwa peran industri perfilman yang semakin meningkat dapat berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan menuju Indonesia Emas 2045. Pernyataan tersebut disampaikannya dalam peringatan Hari Film Nasional pada Sabtu (30/3).

Peningkatan industri film juga telah memberikan dampak positif dalam penciptaan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Sebagai contoh, film Badarawuhi mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi sekitar 1.000 orang. Bahkan film-film dengan anggaran produksi rendah juga mampu menciptakan rata-rata 100-200 lapangan pekerjaan.

Sandiaga juga mencontohkan film ‘Laskar Pelangi’ yang diproduksi di Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Film tersebut telah membantu memperkenalkan daerah tersebut kepada masyarakat luas dan menjadi salah satu destinasi favorit pariwisata, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?