Tampang

Rupiah Melemah Terdalam, Cemas Dampak Konflik Iran vs Israel

3 Okt 2024 19:12 wib. 35
0 0
Rupiah Melemah Terdalam, Cemas Dampak Konflik Iran vs Israel
Sumber foto: iStock

Rupiah terus mengalami tekanan akibat berbagai sentimen negatif terutama dari situasi pasar global dan kondisi geopolitik di Timur Tengah. Saat pembukaan pasar Eropa siang tadi, mata uang Indonesia itu semakin ambles dan menyentuh level terendah hari ini di Rp15.280/US$. Bank Indonesia diyakini melakukan intervensi sebelum pasar tutup sore, di mana rupiah akhirnya bangkit memperkecil pelemahan di Rp15.265/US$, mencerminkan pelemahan sebesar 0,43% dibanding posisi hari sebelumnya.

Di Asia, pelemahan rupiah menjadi yang terburuk hingga sore ini. Selain rupiah, mata uang negara-negara lain di Asia juga mengalami tekanan, seperti baht yang melemah 0,37%, yen Jepang 0,31%, won Korea Selatan 0,27%, ringgit 0,26%, dan peso 0,02%. Namun, sebagian mata uang Asia masih menguat seperti yuan offshore sebesar 0,1%. Sementara itu, dolar Singapura dan dolar Hong Kong stagnan.

Teakan terhadap rupiah meningkat akibat kenaikan eskalasi konflik antara Iran dan Israel. Serangan ratusan rudal balistik Iran sebagai balasan atas tindakan Israel mengokupasi Palestina dan menyerang Lebanon, dapat memicu konflik lebih luas yang melibatkan negara-negara di kawasan dan sekutu masing-masing pihak. Dalam situasi ini, investor lebih cenderung mencari aset safe haven yang aman daripada aset berisiko, yang membuat rupiah dan mata uang Asia lainnya mengalami tekanan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.