Tampang

Ruang Publik Ramah Anak: Membangun Kota yang Layak untuk Generasi Mendatang

2 Jul 2024 20:37 wib. 46
0 0
Ruang Publik Ramah Anak
Sumber foto: google

Lingkungan yang Edukatif: Selain menyediakan tempat untuk bermain, ruang publik juga harus mendukung kegiatan belajar. Misalnya, taman bermain yang dilengkapi dengan papan informasi tentang alam atau sejarah setempat, serta perpustakaan yang menyediakan buku-buku dan program literasi bagi anak-anak.

Kenyamanan: Kenyamanan adalah aspek penting lainnya. Penyediaan area teduh, bangku, dan toilet yang bersih akan membuat anak-anak dan keluarga merasa nyaman menghabiskan waktu di ruang publik.

Partisipasi Anak: Mengikutsertakan anak-anak dalam proses perencanaan dan pengembangan ruang publik dapat memastikan bahwa ruang tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Ini juga memberikan anak-anak rasa memiliki terhadap ruang tersebut.

Contoh Implementasi di Beberapa Kota
Beberapa kota di dunia telah berhasil mengimplementasikan konsep ruang publik ramah anak dengan baik. Misalnya, di Copenhagen, Denmark, terdapat taman bermain superkilen yang dirancang dengan melibatkan komunitas lokal, termasuk anak-anak, untuk menciptakan ruang yang inklusif dan menyenangkan. Di Bogota, Kolombia, program "Caminos Seguros" menciptakan jalur aman bagi anak-anak untuk berjalan kaki ke sekolah dengan menyediakan trotoar yang lebar dan area penyeberangan yang aman.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Berjalan Kaki? Mengapa Tidak?
0 Suka, 0 Komentar, 11 Feb 2018
Naksir
0 Suka, 0 Komentar, 5 Apr 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%