Tampang

Penurunan Jumlah Perjalanan Wisatawan Nusantara di Indonesia

2 Okt 2024 05:16 wib. 51
0 0
Penurunan Jumlah Perjalanan Wisatawan Nusantara di Indonesia
Sumber foto: Unsplash.com

Perjalanan wisatawan lokal atau yang dikenal dengan istilah wisatawan nusantara (wisnus) mengalami penurunan pada bulan Agustus 2024 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini juga terjadi seiring dengan menurunnya jumlah penumpang angkutan udara domestik di Indonesia. Hasil riset yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa jumlah perjalanan wisnus pada bulan Agustus sebanyak 76,88 juta perjalanan, menurun 1,77% dibandingkan bulan sebelumnya. Meskipun angka ini masih lebih tinggi 29,13% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, menjelaskan bahwa penurunan ini terjadi meskipun angka perjalanan wisatawan masih lebih baik daripada tahun sebelumnya. Pada pertemuan dengan media di Jakarta, Amalia menyampaikan bahwa jumlah perjalanan wisnus bulan Agustus 2024 turun dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 77,24 juta perjalanan. 

Selain itu, jumlah penumpang angkutan udara domestik juga menurun sebesar 7,67% dari bulan sebelumnya, yaitu dari 6,03 juta penumpang pada Juli 2024 menjadi 5,57 juta penumpang pada Agustus 2024. Namun, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah penumpang tersebut masih mengalami kenaikan sebesar 6,37%.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.