Tampang

Pedagang Lakukan Profit Taking, Harga Minyak Dunia Longsor

24 Jun 2024 12:19 wib. 174
0 0
Pedagang Lakukan Profit Taking, Harga Minyak Dunia Longsor
Sumber foto: iStock

Para pedagang melakukan profit taking setelah terjadi kenaikan harga minyak signifikan dalam dua pekan terakhir. Ini memicu sedikit penurunan harga minyak mentah di pasar spot. Pada Senin, 24 Juni 2024, harga minyak brent turun sebesar 0,32%, mencapai posisi US$84,96 per barel, sementara harga minyak WTI melemah 0,32% ke posisi US$80,47 per barel.

Penguatan dolar AS juga menjadi salah satu faktor tekanan terhadap harga minyak, karena membuat minyak lebih mahal bagi pembeli asing. Hal ini terjadi karena indeks dolar AS (DXY) naik sekitar 0,1% pada hari tersebut. Dampaknya, permintaan minyak internasional pun turut berkurang.

Selain itu, aksi ambil untung (profit-taking) juga berdampak pada penurunan harga minyak mentah. Pasar minyak menyaksikan pergerakan kuat selama dua minggu terakhir, di mana harga minyak telah mengalami penambahan sebesar 3% pada minggu sebelumnya. Namun, data dari Amerika Serikat menunjukkan penurunan persediaan minyak yang tak terduga dan peningkatan permintaan bensin, memberikan prospek yang lebih positif bagi minyak mentah.

Tidak hanya itu, faktor-faktor geopolitik juga turut mempengaruhi harga minyak. Risiko perang antara Israel dan Hizbullah, yang merupakan perpanjangan dari konflik dengan Hamas, menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi ekspektasi terhadap gangguan pasokan di Timur Tengah. Sementara itu, konflik yang terus berlanjut antara Rusia dan Ukraina, dengan Kyiv menargetkan kilang-kilang besar Rusia, juga memicu kekhawatiran atas gangguan pasokan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

fahri hamzah
0 Suka, 0 Komentar, 15 Mei 2017
Pengertian Metanol
0 Suka, 0 Komentar, 27 Jun 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.