Tampang

Pabrik Susu Ikan Siap Suplai untuk Program MBG Prabowo

19 Sep 2024 09:16 wib. 19
0 0
Pabrik Susu Ikan Siap Suplai untuk Program MBG Prabowo
Sumber foto: iStock

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah gencar membangun pabrik hidrolisat protein ikan (HPI) di Pekalongan, Jawa Tengah, sebagai bagian dari upaya mendukung program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang digagas oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Susu ikan dianggap sebagai alternatif yang dapat menggantikan susu sapi, serta menjadi bagian penting dari upaya untuk memperluas sumber protein bagi masyarakat.

Pabrik HPI tersebut ditargetkan akan rampung pada November 2024. Namun, meskipun tengah dalam proses pembangunan, pabrik percontohan HPI KKP masih belum mampu langsung memasok kebutuhan bubuk HPI dan/atau susu ikan untuk program MBG Prabowo di tahun 2025. Direktur Pengolahan dan Bina Mutu Ditjen PDSPKP KKP, Widya Rustyanto, menjelaskan bahwa untuk saat ini, suplai susu ikan dapat berasal dari pabrik HPI dan susu ikan milik PT Berikan.

Widya Rustyanto menegaskan bahwa meskipun pabrik HPI sudah dimiliki oleh PT Berikan di Indramayu, KKP berencana membangun unit HPI di Pekalongan agar dapat lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan bubuk HPI dan susu ikan. Dia optimis bahwa pabrik tersebut akan segera dapat melakukan uji coba produksi pada akhir tahun 2024.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?