Tampang

Kelas Menengah Akan Miskin: Tanda-Tanda serta Ancaman Nyata

17 Okt 2024 14:46 wib. 45
0 0
Kelas Menengah Akan Miskin: Tanda-Tanda serta Ancaman Nyata

Jika Indonesia terkena guncangan ekonomi dari luar, seperti penurunan ekspor atau ketidakstabilan harga komoditas, maka daya tahan ekonomi domestik, terutama kelas menengah, akan semakin melemah. Tanpa langkah-langkah mitigasi yang tepat, risiko penurunan status ekonomi akan semakin nyata.

Solusi yang Perlu Segera Diterapkan

Untuk mencegah lebih banyak kelas menengah jatuh ke dalam kemiskinan, pemerintah perlu segera mengambil langkah-langkah strategis. Kebijakan yang mendukung stabilisasi harga kebutuhan pokok menjadi sangat penting. Selain itu, penciptaan lapangan kerja dengan pendapatan yang layak serta peningkatan akses terhadap program bantuan sosial harus segera diimplementasikan.

Pemerintah juga perlu mendorong kebijakan fiskal yang mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif. Dengan mendorong investasi di sektor-sektor yang dapat menyerap tenaga kerja, khususnya di daerah-daerah yang masih tertinggal, risiko penurunan kelas menengah dapat ditekan. Selain itu, penguatan sistem jaminan sosial juga menjadi langkah yang harus diutamakan.

Untuk berita ekonomi lainnya, kunjungi tampang.com.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.