Tampang

Jenis-jenis Kubah Masjid untuk Memperindah Bangunan Masjid

9 Mei 2020 10:56 wib. 2.868
0 0
Jenis-jenis Kubah Masjid untuk Memperindah Bangunan Masjid

Kubah masjid GRC atau Glassfiber Reinforced Cemen, yakni kubah masjid yang terbuat dari beton dengan kualitas sangat kokoh serta kuat. Bahan dasarnya bahan beton sehingga lebih awet karena memiliki daya tahan  yang kuat untuk menahan panas dari sinar matahari serta air hujan. Kubah masjid GRC ini banyak digunakan karena memiliki daya tahan yang baik dari segala kerusakan yang terjadi karena faktor cuaca, korosi jamur dan abrasi. 

  • Kubah Masjid Enamel

Jenis kubah masjid enamel ini terbuat dari bahan plat baja yang mempunyai komposisi dengan karbon yang rendah. Biasnya kubah masjid jenis ini dilengkapi dengan porselin enamel agar lebih awet dan tidak mudah berkarat. Kubah masjid enamel termasuk pada kubah modern Keunggulam dari kubah masjid enamel ini adalah memiliki bobot yang ringan, daya tahan yang cukup kuat dan tahan terhadap guncangan gempa bumi. 

  • Kubah Masjid Galvalum

Yakni salah satu bahan material pada kubah di suatu masjid yang kini sudah diperhitungkan dalam pembuatan kuba. Kubah jenis ini menggunakan konstruksi yang berbahan material galvalum, material baja ringan yang telah melewati serangkaian uji coba dalam beberapa tahun lamanya oleh para ahli. Ketahanan bahan kubah galvalum ini telah teruji sehingga tidak perlu diragukan lagi. 

  • Kubah Masjid Fiber

Kini, kubah masjid ada yang terbuat dari bahan fiber glass yang merupakan sebuah inovasi terbaru. Kubah fiber merupakan teknologi baru dalam pembuatan kubah ini karena diperoleh dari bahan untuk membuat pesawat. Bahan fiber tidak hanya digunakan untuk membuat pesawat tetapi juga untuk pembuatan kapal layar. Kubah jenis ini bahkan cukup terkenal di beberapa negara tetangga. Dalam pembuatan kubah fiber ini menggunakan bahan-bahan yang berasal dari Jerman sehingga harga kubah masjid jenis ini lebih mahal dari kubah enamel dan kubah galvalum. Namun kubah fiber ini mempunyai bahan yang cenderung ringan sehingga sangat cocok digunakan pada masjid-masjid yang berukuran besar.

  • Kubah Masjid Modern

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?