Tampang

Ilmu Astronomi : Siapa yang Menciptakan Roket Pertama Kali?

8 Jul 2024 20:19 wib. 128
0 0
Roket
Sumber foto: humasindonesia.id

Ilmu Astronomi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penelitian tentang benda langit di luar angkasa. Seiring dengan berkembangnya ilmu astronomi, dibutuhkan sarana transportasi yang dapat mengantarkan manusia dan peralatan ke luar angkasa. Salah satu sarana transportasi yang sangat penting dalam eksplorasi luar angkasa adalah roket. Roket adalah kendaraan luar angkasa yang digerakkan oleh reaksi roket. Namun, siapa sebenarnya pencipta roket pertama kali?

Pencipta roket tercatat pertama kali adalah seorang ilmuwan Tiongkok kuno bernama Wan Hu. Konon, pada abad ke-16, Wan Hu menciptakan roket pribadinya dengan tujuan untuk terbang ke langit. Roket yang diciptakan Wan Hu menggunakan kursi dan sejumlah besar kembang api. Namun, sayangnya, eksperimen ini mengakibatkan Wan Hu mengalami kecelakaan yang fatal.

Namun, pengembangan roket dan penggunaannya sebagai sarana transportasi luar angkasa modern baru dimulai pada abad ke-20. Salah satu tokoh yang dianggap sebagai "bapak roket" adalah Robert Goddard, seorang fisikawan Amerika Serikat. Pada tahun 1926, Goddard berhasil meluncurkan roket cair pertama di dunia. Meskipun roketnya hanya terbang sejauh 41 kaki, pencapaian ini menandai awal dari pengembangan teknologi roket modern.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.