Tampang

Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, 828 Warga Dievakuasi

19 Apr 2024 06:27 wib. 533
0 0
Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, 828 Warga Dievakuasi
Sumber foto: Tribunnews.com

Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, kembali menunjukkan aktivitas vulkanik dengan meletus pada Selasa, 16 April 2024 malam. Kejadian ini bertepatan dengan erupsi Gunung Ruang yang telah terjadi sebelumnya. Dampaknya terutama dirasakan di Desa Pumpente dan Desa Patologi, yang berada di Kecamatan Tagulandang.

Menurut laporan Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, erupsi Gunung Ruang menyebabkan terputusnya jaringan komunikasi di Kampung Laingpatehi. Keadaan ini membuat warga kesulitan untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi terkini terkait dengan situasi bencana.

Dampak langsung dari erupsi Gunung Ruang ini adalah evakuasi sebanyak 272 Kepala Keluarga, dengan total jumlah warga yang terdampak mencapai 828 jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 45 jiwa dievakuasi ke Gedung BPU Kecamatan Tagulandang, sementara sisanya, yakni 783 jiwa, mencari perlindungan di rumah kerabat dan saudara mereka di daratan Pulau Tagulandang. 

Melihat situasi darurat ini, Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) kemudian menetapkan Status Tanggap Darurat selama 14 hari terhitung mulai tanggal 16 hingga 29 April 2024. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk memberikan bantuan dan perlindungan kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Bukan Perpustakaan! Ini Ternyata Hotel
0 Suka, 0 Komentar, 30 Okt 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?