Tampang

Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik 800 Meter

25 Mei 2024 07:47 wib. 75
0 0
Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik 800 Meter
Sumber foto: google

Gunung Lewotobi Laki-laki yang terletak di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi pada Jumat (24/5) malam. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) melaporkan bahwa erupsi terjadi pada pukul 21.20 Wita dengan tinggi kolom abu mencapai 800 meter.

Menurut laporan tertulis dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Lewotobi Laki-laki dari Desa Nurabelen, Kecamatan Ilebura, Flores Timur, erupsi G. Lewotobi Laki-laki terjadi pada tanggal 24 Mei 2024 pukul 21:20 WITA dengan tinggi kolom abu teramati mencapai ± 800 m di atas puncak (± 2.384 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal yang condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 29,6 milimeter dan durasi sekitar tiga menit 10 detik.

Selama satu hari penuh, Gunung Lewotobi Laki-laki mengalami erupsi sebanyak empat kali. Erupsi pertama pada pukul 10.21 Wita, tercatat tanpa teramati tinggi kolom abu. Erupsi kedua terjadi pada pukul 11.12 Wita tanpa tinggi kolom abu yang teramati. Erupsi ketiga pada pukul 18.17 Wita mencapai tinggi kolom abu sekitar 200 meter. Dan erupsi terakhir terjadi pada pukul 21.20 Wita, dengan semburkan abu vulkanik mencapai ketinggian 800 meter di atas puncak gunung. Akibat erupsi ini, Gunung Lewotobi Laki-laki kini berstatus waspada atau level II.

Dengan status waspada level II, PPGA mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat tidak beraktivitas di radius dua kilometer dari pusat erupsi, serta tiga kilometer pada arah Utara-Timur Laut dan lima kilometer pada sektor Timur Laut. Selain itu, masyarakat juga diminta waspada terhadap potensi banjir lahar pada sungai-sungai yang bermuara di Puncak Gunung Lewotobi Laki-Laki. Instruksi tambahan dikeluarkan PPGA untuk masyarakat yang terkena hujan abu G. Lewotobi Laki-laki agar menggunakan masker atau penutup hidung dan mulut guna menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%