Tampang

Gempa M5,6 Guncang Daruba Maluku Utara, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

19 Sep 2024 21:18 wib. 12
0 0
Ilustrasi
Sumber foto: website

Gempa bermagnitudo (M) 5,6 mengguncang Daruba, Maluku Utara (Malut) pada Kamis (19/9/2024) pada pukul 14.45 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Menurut informasi dari akun media sosial resmi BMKG, @infoBMKG, gempa tersebut memiliki magnitudo 5.6 dan terjadi pada tanggal 19 September 2024 pukul 14:45:33 WIB. Lokasi gempa berada di 2.23 lintang utara dan 128.68 bujur timur, sekitar 47 kilometer di Timur Laut Daruba, Maluku Utara. Gempa ini berada pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai dampak yang ditimbulkan oleh gempa ini. Meskipun demikian, warga Daruba diminta untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan keselamatan dan kewaspadaan masyarakat setempat terhadap bencana alam yang mungkin terjadi pasca gempa utama.

Seiring dengan peningkatan teknologi dan sistem informasi, BMKG senantiasa berkomitmen untuk menyediakan informasi seakurat mungkin kepada masyarakat terkait kejadian gempa bumi. Dalam konteks ini, BMKG juga memberikan peringatan bahwa informasi yang disebarkan melalui media sosial atau sumber lainnya dapat mengalami perubahan sesuai dengan kelengkapan data dan hasil kajian lanjutan. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tetap mengikuti perkembangan informasi dan rekomendasi yang diberikan oleh BMKG maupun instansi terkait untuk keamanan dan keselamatan bersama.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?