Tampang

Gempa M4,5 Guncang Lumajang Jatim

21 Okt 2024 12:36 wib. 42
0 0
Genpa M4,5 guncang Lumajang
Sumber foto: website

Menurut seorang ahli geofisika, Dr. Ahmad Subagyo, Jawa Timur termasuk dalam wilayah yang rentan terhadap gempa bumi. Potensi gempa bumi di kawasan tersebut disebabkan oleh aktivitas sesar yang melintasi Pulau Jawa. Oleh karena itu, pemahaman akan perilaku gempa bumi dan upaya mitigasi risiko bencana perlu terus ditingkatkan di daerah-daerah rawan gempa.

Dalam kurun waktu setahun terakhir, beberapa gempa bumi yang signifikan telah terjadi di wilayah Jawa Timur. Pada Mei 2023, gempa bumi dengan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Malang dan menimbulkan kerusakan yang cukup serius pada banyak bangunan. Kejadian tersebut menjadi pengingat bagi pengambil kebijakan dan masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi gempa bumi.

Dampak sosial dan ekonomi akibat gempa bumi juga tidak bisa diabaikan. Banyak kasus menggambarkan bagaimana masyarakat terdampak harus berjuang memulihkan kondisi kehidupannya pasca gempa. Hal ini menambah urgensi dari upaya mitigasi risiko bencana gempa bumi dengan melakukan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat, menyiapkan infrastruktur yang tahan gempa, serta pembangunan perumahan yang sesuai dengan standar keamanan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Anoa Lahir di Inggris
0 Suka, 0 Komentar, 18 Okt 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.