Tampang

Ekspor Bauksit Disetop Sejak Juni 2023, Tapi Proyek Pabriknya Mandek!

23 Jun 2024 19:13 wib. 144
0 0
Ekspor Bauksit Disetop Sejak Juni 2023, Tapi Proyek Pabriknya Mandek!
Sumber foto: Unsplash

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengungkapkan bahwa progres pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) bauksit masih belum mencapai tahap yang diharapkan. Dari rencana pembangunan 12 smelter bauksit di dalam negeri, baru 4 smelter yang telah beroperasi. Sisanya, sebanyak 8 proyek smelter bauksit masih belum menemui progres berarti.

Staf Khusus Menteri ESDM bidang Percepatan Tata Kelola Mineral dan Batubara, Irwandy Arif, mengungkapkan bahwa dari 8 proyek smelter bauksit yang masih dalam tahap pembangunan, sebagian besar mengalami peningkatan yang masih di bawah harapan. Hanya satu proyek yang dimiliki oleh Antam yang menunjukkan progres yang baik. Irwandy menjelaskan hal ini di Gedung Kementerian ESDM pada Jumat, 21 Juni 2024.

Menurut Irwandy, sejak diberlakukannya kebijakan pelarangan ekspor bijih bauksit pada Juni 2023, progres pembangunan 8 proyek smelter ini tak kunjung menunjukkan perkembangan yang positif. Adanya kebijakan tersebut seharusnya mendorong para pengusaha untuk segera membangun smelter guna memproses bauksit di dalam negeri.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.