Tampang

Dampak Melemahnya Rupiah Terhadap Dunia Usaha: Kekhawatiran Pengusaha dan Potensi PHK Massal

21 Jun 2024 17:55 wib. 128
0 0
Dampak Melemahnya Rupiah Terhadap Dunia Usaha: Kekhawatiran Pengusaha dan Potensi PHK Massal
Sumber foto: iStock

Nurjaman juga menyoroti peningkatan angka pengangguran, terutama di tengah pertumbuhan jumlah lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) dan sekolah menengah atas (SMA) setiap tahunnya. Hal ini mengindikasikan bahwa jumlah pencari kerja semakin bertambah, sementara peluang kerja dalam industri cenderung menurun sejalan dengan melemahnya nilai tukar rupiah.

Dampak dari pelemahan rupiah juga tidak hanya dirasakan oleh dunia usaha, tetapi juga oleh masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Sebagai mata uang lokal, nilai tukar rupiah yang terus melemah memberikan tekanan ekonomi yang signifikan, sehingga menimbulkan dampak sosial dan ekonomi yang luas.

Menyikapi hal ini, Nurjaman menegaskan bahwa pelemahan rupiah pada tingkat yang sangat ekstrem, seperti saat ini di atas Rp 16.400 per USD, merupakan beban berat bagi semua pihak. "Dengan nilai tukar sebesar itu, kita berusaha bertahan di bawah angka psikologis Rp 16.000 agar usaha dapat tetap berjalan dengan baik dan kelangsungan bisnis serta lapangan kerja dapat terjaga," ujarnya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.