Tampang

Daftar Terbaru 76 Negara Bebas Visa Bagi Pemegang Paspor Indonesia

26 Okt 2024 15:28 wib. 40
0 0
Daftar Terbaru 76 Negara Bebas Visa Bagi Pemegang Paspor Indonesia
Sumber foto: iStock

Ketika akhir tahun 2024 dan Tahun Baru 2025 semakin mendekat, mungkin inilah waktunya untuk mulai merencanakan liburan ke luar negeri bersama keluarga atau orang terkasih. Liburan ke luar negeri menjadi pilihan favorit bagi masyarakat Indonesia yang ingin melepas penat dari kepenatan aktivitas sehari-hari. Bagi yang malas mengurus visa, ada berbagai negara yang dapat dikunjungi tanpa perlu repot-repot mengurus visa, terutama bagi pemegang paspor Indonesia.

Menurut Henley Passport Index yang dikeluarkan oleh Henley & Partners pada tahun 2024, terdapat sejumlah negara yang bisa dikunjungi oleh Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa visa. Paspor Indonesia saat ini berada di peringkat ke-65 dunia. Karena itu, sejumlah negara tidak meminta visa bagi WNI dan memberikan fasilitas Visa-on-Arrival (VoA) atau Electronic Travel Authority (eTA). Tercatat ada 76 negara yang memberikan kemudahan ini.

Berikut ini adalah daftar lengkap 76 negara yang bisa dikunjungi tanpa visa oleh pemegang paspor Indonesia berdasarkan urutan alfabet, berdasarkan data Henley Passport Index pada Jumat (25/10/2024):

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tips Merawat Kuku Saat Sibuk
0 Suka, 0 Komentar, 22 Feb 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.