Tampang

BMKG Ingatkan Bahaya Kekeringan di Indonesia, Tanda-Tanda Baru Sudah Muncul

16 Sep 2024 07:43 wib. 42
0 0
BMKG Ingatkan Bahaya Kekeringan di Indonesia, Tanda-Tanda Baru Sudah Muncul
Sumber foto: iStock

Dalam Prospek Cuaca Mingguan untuk tanggal 10 sampai 16 September 2024, BMKG memberikan peringatan terkait potensi peningkatan hujan di sebagian wilayah Indonesia. Hal ini dipicu oleh dinamika atmosfer global dan regional.

Adapun potensi cuaca pada periode tersebut mencakup hujan sedang hingga lebat disertai kilat, petir, dan angin kencang di banyak wilayah di Indonesia. BMKG juga menyoroti beberapa penyebab cuaca hujan saat ini, seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang aktif, adanya daerah pertemuan dan perlambatan angin, suhu muka laut yang hangat, serta labilitas atmosfer yang tinggi.

Dalam skala global, BMKG menulis bahwa nilai IOD (Indian Ocean Dipole), SOI (Southern Oscillation Index), dan Nino 3.4 tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia. Meskipun begitu, BMKG memprediksi bahwa MJO akan aktif di wilayah Maritime Continent di Indonesia pada periode 11-16 September 2024.

Sebelumnya, BMKG mengindikasikan bahwa La Nina berpotensi melanda Indonesia pada periode Juli-Agustus-September 2024. Namun, monitoring terbaru belum memastikan adanya fase La Nina di Indonesia.

Hasil Analisis Dinamika Atmosfer Dasarian I September 2024 yang dirilis BMKG menunjukkan bahwa indeks IOD dan ENSO pada bulan September 2024 adalah Indeks Dipole Mode sebesar 0.27 (Netral) dan indeks ENSO sebesar -0.29 (Netral).

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Esensi Salat
0 Suka, 0 Komentar, 9 Apr 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?