Tampang

BMKG Ingatkan Bahaya Kekeringan di Indonesia, Tanda-Tanda Baru Sudah Muncul

16 Sep 2024 07:43 wib. 41
0 0
BMKG Ingatkan Bahaya Kekeringan di Indonesia, Tanda-Tanda Baru Sudah Muncul
Sumber foto: iStock

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) baru-baru ini mengeluarkan peringatan dini terkait potensi kekeringan di beberapa wilayah Indonesia. Peringatan ini mencakup level Waspada, Siaga, dan Awas, seiring dengan adanya tanda-tanda fenomena La Nina yang belum sepenuhnya terlihat di Tanah Air.

Menurut hasil analisis perkembangan musim kemarau di Indonesia Dasarian I bulan September tahun 2024 yang dilakukan oleh BMKG, sekitar 64 persen Zona Musim (ZoM) Indonesia telah memasuki musim kemarau.

Wilayah-wilayah yang sedang mengalami musim kemarau meliputi sebagian Aceh, sebagian Sumatra Utara, sebagian Riau, sebagian Sumatra Barat, Jambi, Sumatra Selatan, sebagian Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Pulau Jawa, Bali, NTB, NTT, sebagian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian Sulawesi Barat, sebagian Sulawesi Tenggara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Utara, sebagian Maluku, sebagian Papua, dan sebagian Papua Selatan.

Pada saat yang bersamaan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Klimatologi BMKG juga mencatat bahwa pada Dasarian I bulan September 2024, terjadi ketidakaktifan MJO di fase 5. Namun, diprediksi bahwa MJO akan kembali aktif pada fase 5-6 mulai akhir Dasarian II hingga awal Dasarian III bulan September.

BMKG juga menjelaskan bahwa secara spasial, gelombang Rossby dan Kelvin diprediksi akan melewati wilayah Indonesia pada Dasarian II bulan September. Aktivitas MJO dan gelombang atmosfer ini berhubungan dengan potensi peningkatan pembentukan awan hujan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?