Tampang

Tahukah Kamu, Kenapa Awan Dapat Melayang dan Tidak Jatuh dari Langit?

25 Agu 2017 18:39 wib. 4.377
0 0
Tahukah Kamu, Kenapa Awan Dapat Melayang dan Tidak Jatuh dari Langit?

Keempat, awan terbentuk karena terjadinya pertemuan angin atau bisa disebut juga dengan konvergensi (Gambar 1 nomor 4, kanan-bawah). Konvergensi angin laut (bertiup dari laut menuju darat) dan angin dari darat dapat terbentuk di wilayah pantai pada siang hari. Karena udara yang berlawanan arah itu saling bertemu dan mendekat maka tidak ada cara lain selain udara itu akan bergerak naik bersama-sama sehingga awan pun dapat terbentuk.

Lalu, bagaimana cara awan tetap di atas dan tidak jatuh?

Awan terjaga tetap di atas karena ia berasal dari sekumpulan udara yang naik karena densitas atau berat jenisnya lebih ringan dibandingkan udara di sekitarnya. Selanjutnya, jika suhu udara di dalam awan masih sangat dingin (lebih rendah dari 0 derajat Celcius) maka proses pembentukan es dapat terus terjadi dengan berbagai cara antara partikel-partikel kecil yang ada di sana seperti saling bergabung, menumbuk, memisah, dan sebagainya.

Selain itu, kandungan awan sebagian besar masih berupa kristal es, air super-dingin (supercooled water), titis-titis kecil es (ice droplet), titis-titis kecil air (water droplet), dan tetes-tetes air hujan (raindrop).

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?