Tampang

Sekjen PBB Marah Besar ke Israel: Apa yang Terjadi?

19 Jul 2024 12:59 wib. 111
0 0
Sekjen PBB Marah Besar ke Israel: Apa yang Terjadi?
Sumber foto: antara.news

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, baru-baru ini menyuarakan kekesalannya terhadap Israel. Pernyataan ini muncul dalam konteks serangan besar-besaran yang dilakukan oleh Israel di Gaza, Palestina, yang telah menuai kecaman dari berbagai pihak di dunia internasional.

Dalam sebuah surat yang dibacakan oleh kepala stafnya, Courtenay Rattray, di forum Dewan Keamanan PBB pada Rabu (17/7/2024), Guterres menegaskan bahwa aksi Israel telah mengubah geografi Tepi Barat. Beliau juga memproyeksikan kemungkinan perluasan permukiman ilegal di wilayah tersebut, hal ini dianggap memperumit prospek Solusi Dua Negara.

Melalui Agency Al Jazeera, Guterres mengungkapkan, "Perkembangan terkini makin mempertaruhkan prospek solusi dua negara."

Perang Israel terhadap Gaza sejak bulan Oktober lalu, seringkali berkaitan dengan serangan militer, penangkapan warga Palestina, dan tindakan kekerasan oleh pemukim Yahudi di Tepi Barat dan Yerusalem Timur. Perkembangan tersebut terus meningkat dan mendapat perhatian serius dari komunitas internasional.

Guterres dalam suratnya juga mencatat langkah-langkah hukuman yang diambil oleh Israel terhadap Otoritas Palestina, serta legalisasi lima pos terdepan Israel di Tepi Barat. Sekaligus, Israel telah membangun pos-pos tersebut sejak tahun 1967 sebagai bagian dari pendudukan di Tepi Barat. "Kita harus mengubah arah. Semua aktivitas pemukiman harus segera dihentikan," tegas Guterres.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?