Tampang

Rusia Terciduk Mata-matai Senjata Mematikan Israel, Mau Apa?

25 Jun 2024 21:50 wib. 136
0 0
Rusia Terciduk Mata-matai Senjata Mematikan Israel, Mau Apa?
Sumber foto: iStock

Rusia baru-baru ini dilaporkan telah melakukan kegiatan intelijen terhadap kapal selam milik Israel, INS Drakon. Institut Maritim Droxford mengungkapkan analisis mereka yang menyoroti temuan tersebut, yang kemudian dikutip oleh Jerusalem Post pada Senin (24/6/2024). Dalam laporan tersebut diungkapkan bahwa sebuah kapal Rusia yang biasanya digunakan untuk misi spionase ditemukan di Laut Utara, di mana kawasan tersebut sejauh ini dilaporkan memiliki kepentingan strategis yang relatif rendah.

Menurut laporan tersebut, INS Drakon, kapal selam Israel, ditemukan sedang melakukan uji pelayaran di wilayah tersebut sekitar sepuluh hari sebelumnya. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa kapal Rusia telah mengumpulkan informasi terkait tanda akustik kapal selam yang terdeteksi oleh radar Angkatan Laut. Kehadiran kapal Rusia di wilayah tersebut secara tidak langsung menimbulkan kecurigaan terhadap aktivitas mata-matai yang dilakukan terhadap INS Drakon.

Institut Maritim Droxford juga mencatat bahwa pada awal bulan tersebut, INS Drakon melakukan pengisian bahan bakar, suatu tanda bahwa kapal tersebut mungkin telah memulai misi operasional. Kapal selam tersebut dianggap sebagai senjata tempur termahal yang dimiliki oleh Angkatan Laut Israel, dengan estimasi nilai mencapai 550 juta euro atau setara dengan Rp 9,6 triliun. INS Drakon mulai aktif beroperasi di musim panas sebelumnya, dan meskipun spesifikasinya dirahasiakan, kabarnya kapal ini memiliki kemampuan untuk meluncurkan 4-6 rudal balistik tipe Jericho 3.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.