Tampang

Pertemuan Menteri Pertahanan AS-China saat Ketegangan Beijing-Taiwan Memanas

26 Mei 2024 17:02 wib. 94
0 0
Pertemuan Menteri Pertahanan AS-China saat Ketegangan Beijing-Taiwan Memanas
Sumber foto: google

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin, dijadwalkan untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan China menjelang memanasnya ketegangan di Selat Taiwan. Rencana pertemuan ini diungkapkan oleh Gedung Putih dalam waktu yang hampir bersamaan dengan diselenggarakannya latihan perang oleh China di sekitar wilayah Taiwan.

Gedung Putih mengumumkan bahwa Austin akan bertemu dengan Laksamana China Dong Jun dalam kerangka Shangri-La Dialogue yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 31 Mei hingga 2 Juni 2024. Acara ini dihadiri oleh para pejabat pertahanan dari berbagai negara di seluruh dunia.

Pertemuan antara Austin dan Dong Jun ini sangat dinantikan, terutama setelah keduanya berkomunikasi melalui telepon pada bulan April lalu. Pembicaraan yang akan terjadi menjadi penanda pertemuan substansial pertama antara menteri pertahanan AS-China dalam waktu hampir 18 bulan terakhir.

Momentum pertemuan ini terjadi ketika tensi antara China dan Taiwan, yang merupakan sekutu dekat Amerika Serikat, semakin memanas. Seperti yang dilaporkan oleh AFP, China secara agresif melakukan pengepungan kapal perang dan jet tempur di sekitar wilayah Taiwan sebagai upaya untuk menguji kemampuan mereka dalam merebut pulau tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%