Tampang

Perang Saudara Tetangga RI Makin Ngeri, Junta Militer di Ujung Tanduk

25 Sep 2024 05:15 wib. 42
0 0
Perang Saudara Tetangga RI Makin Ngeri, Junta Militer di Ujung Tanduk
Sumber foto: iStock

Yang paling kuat dari semuanya mungkin adalah Pasukan Pertahanan Rakyat Mandalay (PDF), yang bertempur di bawah komando Tentara Pembebasan Nasional Ta'ang (TNLA) dan telah menjadi pusat operasi di Mandalay utara. "Tanpa PDF Mandalay, kami tidak dapat merebut Madaya," aku Pyay. 

Terlepas dari bahayanya, kelompok perlawanan melihat kota itu penting untuk menyingkirkan militer dari kekuasaan. "Jika kita dapat merebut Mandalay, kita akan sangat dekat dengan akhir revolusi kita," kata Pyay. Anthony Davis, seorang analis dari publikasi pertahanan dan keamanan Janes, mengatakan PDF Mandalay telah menjadi begitu kuat karena beroperasi sebagai "perpanjangan virtual dari TNLA".

TNLA berjuang untuk otonomi orang-orang etnis Ta'ang, yang sebagian besar tinggal di pegunungan di Negara Bagian Shan utara, beberapa bagian Myanmar yang paling kurang berkembang. Ada sejarah panjang gerakan bersenjata Ta'ang tetapi TNLA modern didirikan pada tahun 2009. Kelompok menikmati hubungan dekat dengan China. Morgan Michaels, dari Institut Internasional untuk Studi Strategis, setuju dengan Davis.

"Keberhasilan Mandalay PDF secara langsung dikaitkan dengan pelatihan, persenjataan, komando dan kendali, serta kedalaman operasional yang diberikan TNLA kepada kelompok tersebut. Kelompok tersebut dibentuk oleh TNLA," katanya.

"Tidak ada operasi yang sedang berlangsung yang hanya melibatkan Mandalay PDF sendiri. Mereka masih mengandalkan komando dan kendali TNLA." Kedua analis sepakat bahwa Mandalay PDF akan membutuhkan dukungan TNLA untuk merebut kota tersebut. Namun tidak jelas apakah TNLA akan memberikan dukungan tersebut. 

Sekutu kelompok bersenjata etnis terdekatnya, Tentara Aliansi Demokratik Nasional Myanmar, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka tidak berniat untuk maju ke Mandalay, yang tampaknya sebagai respons terhadap tekanan Tiongkok untuk mengendalikan konflik. Bahkan jika perlawanan tidak bergerak ke selatan menuju kota Mandalay, merebut wilayah Mandalay utara tetap penting bagi pertempuran karena menghubungkan wilayah yang dikuasai oposisi.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kreatifitas Anak Muda
0 Suka, 0 Komentar, 15 Mar 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.