Tampang

Perang Arab di Depan Mata, Ini Peta Kekuatan Israel vs Hizbullah

8 Jul 2024 20:01 wib. 159
0 0
Perang Arab di Depan Mata, Ini Peta Kekuatan Israel vs Hizbullah
Sumber foto: iStock

Ancaman konflik baru di wilayah Timur Tengah kembali muncul dengan adanya ketegangan yang semakin meningkat antara Israel dan Hizbullah. Pejabat Israel berulang kali menyuarakan ancaman untuk meningkatkan serangan, sementara Hizbullah dari Lebanon pun menanggapi tantangan tersebut.

Mantan anggota kabinet perang Israel, Benny Gantz, dalam sebuah konferensi di Universitas Reichman di Herzliya, Israel, mengeluarkan ancaman baru terhadap Lebanon serta Hizbullah. "Kita dapat menjerumuskan Lebanon sepenuhnya ke dalam kegelapan dan menghancurkan kekuatan Hizbullah dalam hitungan hari," demikian kata Gantz, demikian dikutip dari CNN International pada Minggu (7/7/2024).

Ancaman ini bukanlah kali pertama muncul dari pihak Israel terhadap Lebanon dan Hizbullah, menandakan bahwa ketegangan antara kedua wilayah tersebut semakin memuncak.

Mencoba untuk menghancurkan Lebanon sepenuhnya sebetulnya bukanlah hal yang sulit bagi Israel. Negara itu sendiri telah mengalami berbagai masalah, seperti layanan listrik yang sering lumpuh dan keruntuhan ekonomi yang terjadi selama bertahun-tahun. Dengan demikian, beberapa serangan udara yang diarahkan secara tepat mungkin saja dengan mudah menghancurkannya.

Namun, hal yang jauh lebih sulit adalah upaya untuk menghancurkan kekuatan militer Hizbullah dalam waktu singkat. Sejak perang yang terjadi pada tahun 2006, baik Israel maupun Hizbullah telah melakukan persiapan untuk pertempuran berikutnya.

Menurut perkiraan Israel, Hizbullah memiliki lebih dari 150.000 rudal dan roket, dengan kemampuan menembakkan sekitar 5.000 rudal sejak Oktober 2023. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar persenjataannya masih dalam kondisi baik, seperti yang diungkapkan oleh pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, dalam pidatonya beberapa waktu yang lalu.

Pihak Israel terkejut dengan kecanggihan serangan yang dilakukan oleh Hizbullah, menunjukkan bahwa menghancurkan kekuatan militernya dalam waktu singkat mungkin bukanlah hal yang mudah.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?