Tampang

NU - Muhammadiyah Ngaji Bareng, Sepakat Memilih TNI Sebagai Penceramah Supaya Adil

30 Jul 2017 17:49 wib. 1.432
0 0
NU - Muhammadiyah Ngaji Bareng, Sepakat Memilih TNI Sebagai Penceramah Supaya Adil

tampang.com - Ada yang menarik beberapa waktu yang lalu di daerah Surabaya. Kota yang terkenal sebagai Kota Pahlawan ini, salahsatu kelurahannya, Kalijudan, menyelenggarakan pengajian. Bukan seperti pengajian pada umumnya, pengajian ini terasa istimewa. Mengapa? Karena ada nuansa unik di dalamnya. Dimana, Nahdliyin dan jamaah Muhammadiyah berada di dalam satu pengajian.

Seorang berpakaian batik cokelat dengan lambang matahari, seorang lagi memakai jas hijau terang. Orang Indonesia sudah pasti tahu bahwa dua MC itu berasal dari ormas yang berbeda. Muhammadiyah dan NU.

Suasana pengajian pun cair, adem, dan guyub. Itu merupakan hasil kolaborasi Pengurus Ranting NU, Pengurus Ranting Muhammadiyah, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kalijudan. Mereka bertekad bahwa Kalijudan harus menjadi pelopor untuk acara yang menekankan kerukunan antar ormas. Apalagi, situasi Indonesia terkini masih panas gara-gara polarisasi yang terjadi di tingkat nasional.

Acara itu bahkan digagas sejak tiga tahun sebelumnya. ”Niatnya sudah lama sekali. Tapi, memang tidak mudah bikin acara ini,” jelas Djadi Galajapo, ketua Pengurus Ranting NU Kalijudan. Pria yang lebih dikenal sebagai komedian itu mengaku sudah berdiskusi dengan Hadi Sanusi, ketua Pengurus Ranting Muhammadiyah Kalijudan. Mereka terus berusaha menjadi pelopor, tapi belum menemukan kesempatan yang tepat. ”Nah, saat isu radikalisme dan Pancasila muncul, baru mendapatkan momen yang tepat,” jelas Hadi.

<123>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?