Tampang

Rusia Berbagi Rahasia Nuklir pada Iran, Picu AS-Inggris Khawatir

16 Sep 2024 06:54 wib. 41
0 0
Rusia Berbagi Rahasia Nuklir pada Iran, Picu AS-Inggris Khawatir
Sumber foto: iStock

Rusia kembali menjadi sorotan karena diduga berbagi info rahasia dan teknologi nuklir dengan Iran, memicu kekhawatiran dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Kerja sama antara Rusia dan Iran dalam bidang nuklir menyisakan tanda tanya besar bagi dunia internasional. Para pejabat Barat menyampaikan keprihatinan mereka terkait hal ini, merujuk pada potensi bahaya akibat penguatan kemampuan nuklir Iran.

Pada pertemuan strategis antara pejabat AS dan Inggris di Washington, Perdana Menteri Inggris Keir Starmer juga turut mengemukakan kekhawatiran terkait peningkatan hubungan militer Rusia dan Iran. Kedua negara tersebut makin curiga bahwa Moskow tengah menukarkan teknologi nuklir dengan rudal balistik, sebagai bentuk imbalan atas dukungan Iran dalam konflik di Ukraina.

Kementerian Luar Negeri AS terus menegaskan kecemasannya terhadap aktivitas nuklir Iran. Hal ini pun disampaikan oleh juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih yang menyatakan kesiapan AS untuk menggunakan semua elemen kekuatan nasional guna mencegah eskalasi nuklir yang dapat ditimbulkan oleh Iran.

Pernyataan Federasi Rusia dan Iran

Namun, hingga saat ini belum ada tanggapan yang resmi dari Kementerian Luar Negeri Rusia dan kedutaan besar Iran di Badan Energi Atom Internasional di Wina. Ketidakhadiran respons resmi dari kedua belah pihak menimbulkan banyak tanda tanya terkait perkembangan kerja sama nuklir tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Pesan Utama yang Disampaikan Al Quran
0 Suka, 0 Komentar, 11 Apr 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?