Tampang

Kondisi yang Bisa Bikin Trombosit Anak Turun

10 Okt 2017 19:37 wib. 2.888
0 0
Kondisi yang Bisa Bikin Trombosit Anak Turun

Tampang.com- Penyakit DBD ini memang digolongkan dengan penyakit serius apalagi kalau kita tidak segera merawatnya dengn benar. Demam Berdarah Dengue (DBD) memang bisa menyebabkan kadar trombosit turun, termasuk pada pasien anak. Tapi, Bunda perlu tahu nih beberapa kondisi yang bisa membuat kadar trombosit turun.

Beberapa kondisi yang menyebabkan trombosit anak menurun yakni sepsis, idiopathic trombositopenic purpura, anemia aplastik dan typhoid fever.

1. Sepsis

Sepsis dipicu oleh infeksi yakni infeksi pneumonia, pencernaan, ginjal dan peredaran darah. Jika sudah parah, anak dengan sepsis bisa mengalami septic shock. Saat mengalami septic shock, biasanya tekanan darah amat sangat rendah. Perlu dicatat, Bun, sebelum pergi ke dokter pastikan ada 2 gejala yang ditunjukkan oleh anak antara lain demam yang tinggi dan bernapas lebih dari 20 kali dalam 1 menit.

2. Idiopathic trombositopenic purpura (ITP)

Biasanya timbul ketika anak terinfeksi virus. Pada anak yang mengalami ITP, biasanya ada memar di kulitnya, Bun. Nah, ITP biasanya akan sembuh sendiri tanpa penanganan khusus. Jika kita nggak menemukan tanda-tanda pendarahan di bagian dalam kulit dan trombosit nggak terlalu rendah, si kecil nggak perlu dirawat di rumah sakit.

3. Anemia aplastic

<123>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%