Tampang

Negara Arab Pilih Dukung Israel Bukan Iran, Ini Alasannya

23 Apr 2024 09:30 wib. 105
0 0
Israel Palestina
Sumber foto: google

Pasca serangan pada tanggal 1 April dan ancaman balasan dari Iran, pemerintah AS mulai mendesak negara-negara Arab di kawasan tersebut untuk memberikan informasi intelijen terkait rencana balas dendam Iran dan meminta bantuan dalam mencegah serangan tersebut.

Pada awalnya, beberapa negara Arab ragu untuk turut serta dalam upaya ini karena kekhawatiran akan terlibat dalam konflik langsung dengan Iran atau menghadapi pembalasan dari pihak Iran. Selain itu, ada juga kekhawatiran akan terlibat dalam konflik di tengah-tengah perang antara Israel dengan Hamas di Jalur Gaza.

Namun, pada akhirnya, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab setuju untuk memberikan informasi intelijen secara pribadi. Sementara Yordania menyetujui penggunaan wilayah udaranya untuk kepentingan pencegatan oleh AS dan negara-negara lain. Yordania juga menyatakan kesediaannya untuk menggunakan jet tempurnya sendiri dalam operasi pencegatan rudal dan drone.

Raja Yordania Abdullah II menegaskan bahwa tujuan Yordania dalam hal ini adalah untuk menjaga kedaulatan negaranya, dan bukan untuk membela Israel. Meskipun demikian, upaya-upaya ini menunjukkan adanya kerja sama yang signifikan antara negara-negara Arab dan Israel dalam menghadapi ancaman bersama.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?