Tampang

NATO Kerahkan Jet Tempur Cegat 5 Pesawat Rusia yang Terbang di Atas Laut Baltik

24 Sep 2024 05:29 wib. 22
0 0
Jet tempur milik NATO dikerahkan untuk mencegat lima pesawat militer Rusia yang terbang di atas Laut Baltik tanpa rencana penerbangan atau transponder aktif
Sumber foto: website

NATO telah melakukan pengerahan jet tempur untuk menghadapi lima pesawat militer Rusia yang terbang di atas Laut Baltik tanpa rencana penerbangan yang jelas atau transponder yang aktif. Kejadian ini membuktikan bahwa ketegangan antara NATO dan Rusia masih terus berlanjut, terutama di wilayah Eropa Timur.

Pihak Angkatan Udara Latvia melaporkan bahwa jet Rusia terdeteksi terbang di wilayah udara internasional dekat negara-negara Baltik tanpa mengaktifkan transponder, yang merupakan salah satu sistem elektronik yang membantu menjaga pengendalian lalu lintas udara yang aman. Menurut The Kyiv Independent, hal ini merupakan kejadian rutin di mana pesawat Rusia memasuki wilayah udara di atas Baltik dengan transponder dimatikan, mungkin sebagai upaya untuk menguji respons negara-negara NATO.

Untuk menanggapi hal ini, NATO mengirimkan jet Eurofighter yang ditempatkan di Latvia untuk mencegat dan mengawal pesawat Rusia tersebut. Angkatan Udara Jerman, saat berpartisipasi dalam misi Baltic Air Policing NATO, berhasil mengidentifikasi kelompok pesawat Rusia terdiri dari lima jet, dengan satu Sukhoi Su-35 dan empat Sukhoi Su-30MKI.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.