Tampang

India Kewalahan Hadapi Ancaman Cuaca Panas Ekstrem, 1,4 Miliar Penduduk Terancam

16 Mei 2024 20:42 wib. 145
0 0
Cuaca Panas Ekstrem

Perencanaan yang kurang konsisten atau lengkap, minimnya alokasi dana, dan kegagalan dalam melakukan persiapan yang tepat waktu menjadi faktor utama yang membuat masyarakat India semakin rentan terhadap periode suhu ekstrem yang kini lebih sering, lebih lama, dan meluas di wilayah negara tersebut.

Kolkata, yang memiliki iklim panas dan lembab serta berdekatan dengan Teluk Benggala, menjadi salah satu wilayah yang sangat rentan terhadap suhu dan curah hujan yang ekstrem. Panel Antarpemerintah Perubahan Iklim (IPCC) bahkan mengklasifikasikan Kolkata sebagai salah satu lokasi di dunia yang paling berisiko dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

Diprediksikan bahwa peningkatan suhu global rata-rata sebesar 2 derajat Celsius dapat mengakibatkan gelombang panas yang setara dengan rekor gelombang panas pada tahun 2015, menurut IPCC. Kelembapan yang tinggi juga dapat memperparah dampaknya, karena dapat membatasi kemampuan tubuh manusia untuk mengatur suhu.

Meskipun demikian, Kolkata hingga saat ini belum memiliki strategi formal untuk menangani gelombang panas, dilansir dari Departemen Meteorologi India bahwa sejumlah wilayah di seluruh India akan mengalami 11 hari gelombang panas pada Mei 2024, jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan 3 hari pada tahun-tahun sebelumnya. Adapun suhu maksimum dalam beberapa minggu terakhir telah mencapai 47,2 derajat Celsius di bagian timur negara ini.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%