Tampang

Hizbullah Diam-diam Mempunyai Terowongan Rahasia Di Bawah Tanah di Lebanon

23 Jun 2024 08:58 wib. 35
0 0
hizbullah, lebanon, terowonganhizbullah, israel, israelvshizbullah
Sumber foto: google

Kelompok milisi Hizbullah di Lebanon dilaporkan memiliki terowongan bawah tanah yang lebih luas daripada terowongan yang dimiliki oleh Hamas di Jalur Gaza. Menurut koresponden intelijen dan keamanan nasional majalah Foreign Policy, Amy Mackinnon, Iran, yang merupakan pendukung Hizbullah, diketahui memiliki rute pasokan darat dan udara melalui Irak dan Suriah yang menuju ke Lebanon.

Terowongan tersebut diduga digunakan untuk memasok senjata dan amunisi untuk Hizbullah, yang kemungkinan akan digunakan sebagai persiapan dalam kasus terjadi perang di wilayah tersebut. Mackinnon mengungkapkan, "Tidak seperti Gaza yang secara geografis terisolasi dari pendukungnya di Teheran, Iran telah menetapkan rute pasokan darat dan udara yang mengarah ke Lebanon melalui Irak dan Suriah yang bisa digunakan pasukan Hizbullah jika terjadi perang habis-habisan," seperti yang dilansir oleh Middle East Monitor (MEMO).

Pada bulan Januari, militer Israel (IDF) mengungkapkan adanya terowongan selama empat kilometer yang lebarnya mencapai kendaraan, yang membentang dari Jabaliya di utara kota Gaza hingga sekitar 400 meter dari perbatasan Erez. Dilansir oleh Times of Israel, proyek terowongan Hizbullah di Lebanon diduga dibangun sebelum pembangunan terowongan Hamas di Gaza.

Direktur lembaga riset Alma Research and Education Center, Tal Beeri, mengklaim bahwa pihaknya menemukan informasi tentang "Land of the Tunnels" di Lebanon selatan dari sumber intelijen terbuka. Peta tersebut menunjukkan 36 wilayah geografis, kota, dan desa, yang merupakan bagian dari rencana pertahanan Hizbullah terhadap invasi Israel ke Lebanon. Setiap titik diketahui memiliki jaringan terowongan bawah tanah yang terhubung dengan terowongan regional, seperti yang diungkapkan oleh Beeri dalam makalahnya yang diterbitkan pada tahun 2021.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%