Tampang

China Jajah Dunia, Tetangga RI Sudah Dikuasai

13 Sep 2024 11:41 wib. 63
0 0
China Jajah Dunia, Tetangga RI Sudah Dikuasai
Sumber foto: iStock

Alibaba memang telah lama menunjukkan keseriusannya dalam melakukan ekspansi bisnis ke pasar internasional, melalui platform-platform seperti Alibaba dan AliExpress. Selain Singapura, Malaysia juga menjadi salah satu pasar pertama yang mendapatkan pembaruan Taobao dalam versi Bahasa Inggris.

Adanya populasi keturunan China yang cukup signifikan di Singapura dan Malaysia juga turut mendukung percepatan ekspansi bisnis China di kedua negara tersebut. Dalam keterangan dari senior partner di firma Bain, David Zehner, disebutkan bahwa banyak perusahaan China memiliki ambisi global dan mampu memberikan inovasi cepat, serta membangun bisnis domestik yang mampu membuat posisi mereka di pasar internasional semakin solid.

Pada akhir Juni 2023, laporan pemerintah menunjukkan bahwa hampir 3/4 dari populasi Singapura yang berjumlah 5,92 juta orang merupakan keturunan China. Lebih lanjut, sekitar 20% dari populasi Singapura juga berasal dari etnis China. Hal ini menegaskan bahwa kedua negara tersebut merupakan pasar potensial bagi perusahaan-perusahaan China untuk memperluas bisnisnya.

Salah satu contoh konkret dari pengaruh China di dalam negeri adalah penelitian dari KPMG yang menunjukkan bahwa tren masyarakat dalam menggunakan produk dari China telah mempengaruhi pola penggunaan produk sehari-hari, seperti gaya fashion yang dipengaruhi oleh konten di platform TikTok. Hasil survei yang melibatkan 7.000 konsumen Gen Z (usia 18-24 tahun) dari 14 negara, termasuk Indonesia, Singapura, dan China, menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka melakukan pembelian melalui social commerce, dengan lebih dari setengahnya menggunakan layanan live streaming yang terdapat di platform e-commerce.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?