Tampang

Bangladesh Dalam Kericuhan, Riuh di RI, Inilah Kronologinya

21 Jul 2024 21:16 wib. 95
0 0
Bangladesh Dalam Kericuhan, Riuh di RI, Inilah Kronologinya
Sumber foto: iStock

Bangladesh kembali dihadapkan pada situasi kerusuhan yang menyebabkan puluhan orang tewas dan ribuan lainnya terluka. Data dari rumah sakit di seluruh Bangladesh menunjukkan bahwa selain korban tewas, bentrokan tersebut juga telah melukai ribuan orang. Pada Jumat lalu, Rumah Sakit Dhaka Medical College menerima 27 jenazah antara pukul 5 sore dan 7 malam, menggambarkan betapa tragisnya kejadian ini.

Protes yang terjadi selama lima hari tersebut telah memaksa polisi untuk melibatkan diri dengan tindakan keras, termasuk menembakkan gas air mata dan melemparkan granat suara untuk membubarkan pengunjuk rasa. Bentrokan antara demonstran dan petugas keamanan terus terjadi, dengan pengunjuk rasa melakukan aksi kekerasan seperti melemparkan batu bata dan membakar kendaraan.

Protes tersebut disebut sebagai yang terbesar sejak Perdana Menteri Sheikh Hasina terpilih kembali untuk keempat kalinya berturut-turut tahun ini. Salah satu pemicu utama dari gelombang protes ini berasal dari tingginya tingkat pengangguran di kalangan anak muda Bangladesh, yang merupakan hampir seperlima dari total populasi sekitar 170 juta penduduk negara Asia Selatan tersebut.

Para mahasiswa menjadi motor utama dari protes ini. Mereka menuntut diakhirinya sistem kuota yang menyediakan hingga 30% pekerjaan di pemerintahan bagi keluarga veteran yang berperang dalam perang kemerdekaan Bangladesh pada tahun 1971 melawan Pakistan. Meskipun sistem kuota ini juga mencakup pekerjaan untuk perempuan, penyandang disabilitas, dan anggota etnis minoritas, namun sebagian besar mahasiswa menolaknya karena dianggap menguntungkan golongan tertentu.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?