Tampang

Resep Membuat Kimchi: Kuliner Korea yang Menggugah Selera

28 Mei 2024 20:31 wib. 436
0 0
Resep Membuat Kimchi
Sumber foto: Google

Kuliner Korea dikenal dengan kelezatan dan keanekaragaman rasa yang khas. Salah satu makanan tradisional Korea yang telah mendunia adalah kimchi. Kimchi merupakan sejenis asinan sayur yang difermentasi dan memiliki rasa pedas serta bersifat menyegarkan. Makanan ini sangat populer dan sering dijumpai dalam hidangan sehari-hari masyarakat Korea. Saking populernya, kimchi pun telah menjadi ikon kuliner Korea. Di samping rasanya yang unik dan segar, kimchi juga dianggap memiliki manfaat kesehatan karena kandungan serat, vitamin, dan probiotik yang terdapat di dalamnya. Jika Anda tertarik untuk mencoba membuat kimchi sendiri di rumah, berikut adalah resep sederhana untuk membuat kimchi ala Korea.

Bahan-Bahan:
1. 1 kg sawi putih, cuci bersih dan potong 2 cm
2. 100 gram garam kasar
3. 300 ml air
4. 1 sendok makan gula pasir
5. 200 gram lobak ungu, potong korek api
6. 150 gram wortel, potong korek api
7. 6 batang daun bawang, potong serong
8. 4 siung bawang putih, haluskan
9. 50 gram jahe, kupas dan haluskan
10. 3 sendok makan saus ikan
11. 5 sendok makan cabe bubuk
12. 2 sendok makan gula merah, sisir
13. Garam secukupnya
14. Air secukupnya untuk merendam sayuran

Langkah-Langkah:
1. Rendam potongan sawi putih dengan 100 gram garam kasar dalam 300 ml air selama kurang lebih 4 jam. Setelah itu, bilas sawi hingga bersih. Peras dan tiriskan.
2. Campurkan gula pasir, lobak ungu, wortel, daun bawang, bawang putih, jahe, saus ikan, cabe bubuk, dan gula merah. Aduk rata.
3. Tambahkan sawi putih yang telah diperas ke dalam campuran bumbu. Aduk merata hingga sayuran terbalut bumbu secara merata.
4. Masukkan campuran kimchi ke dalam toples kaca dan padatkan. Biarkan selama 2 hari pada suhu ruang.
5. Setelah 2 hari, simpan kimchi dalam lemari es agar matang dengan baik. Kimchi siap disajikan setelah 5-7 hari.
6. Kimchi dapat disantap langsung atau diolah menjadi hidangan lain, seperti kimchi jjigae (sup kimchi) atau kimchi fried rice (nasi goreng kimchi).

Kimchi biasanya disajikan sebagai pelengkap dalam hidangan utama. Rasanya yang asam, pedas, gurih, dan segar sangat cocok dinikmati bersama nasi hangat atau sebagai pelengkap dalam hidangan daging panggang. Kimchi juga sering dijadikan bahan dalam berbagai masakan seperti sup, tumis, atau kimbap. Kandungan bahan kimchi yang kaya serat, vitamin, dan probiotik membuatnya menjadi makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi pencernaan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%