Tampang

Rendang Asal Sijunjung Ini Berbahan Daun Singkong

13 Sep 2017 22:18 wib. 2.076
0 0
Rendang Asal Sijunjung Ini Berbahan Daun Singkong

Rendang berbahan daun singkong ini dikenal dengan nama Randang Pucuak Ubi. Di Sumatera Barat, tiap daerah memiliki jenis rendangnya sendiri. Namun, rendang yang berbahan daun singkong hanya berasal dari Sijunjung.

Mya menceritakan, proses memasak rendang daun singkong ini tidak memiliki perbedaan dari rendang biasanya. Hanya saja bahan baku daging sapi yang umum digunakan, diganti dengan daun singkong. Barulah rendang ini diproses seperti biasanya dan memakan waktu masak 4 hingga 6 jam.

Bahan yang biasa digunakan adalah pucuk daun singkong, teri, santan, bawang putih dan bawang merah, dan cabe. Untuk menambah kenikmatan, rendang ini juga ditambahkan jahe, lengkuas, kunyit, sereh, dan garam. Campuran ini akhirnya dimasak hingga kehitaman, seperti rendang pada umumnya.

Rendang daun singkong yang dihasilkan ternyata memiliki tekstur yang hampir sama dengan serat daging sapi. Selain itu aroma dan citarasa gurih dari rendang, masih tersimpan sempurna dalam setiap helaian daun singkong. Sehingga tidak salah bila rendang daun singkong ini dinikmati dengan nasi hangat.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?